Pengertian
Pemodelan Grafik
Pemodelan merupakan pembentukan suatu objek baru melalui beberapa tahapan dalam pembuatannya. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai pola atau contoh dari suatu yang akan dibuat atau dirancang.
Grafik juga lebih mengacu kepada gambar,garis,lingkaran,lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah rancangan dalam bentuk 1,2, maupun 3 dimensi bahkan lebih. Grafik juga dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf,symbol dan gambar dengan menggunakan proses percetakan.
Kegiatan yang berkaitan dengan grafis computer
-Pemodelan
geomatris: Penciptaan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
-Rendering:
Proses dari pembangunan gambar dri sebuah model melalui progeam computer.
-Animasi:
Membuat gambar statsis yang dibuat secara berututan sehingga seakan-akan
dapat bergerak.
Prinsip
Desain Grafik
1.
Kesederhanaan
Misalnya,dalam penggunaan huruf. Huruf
judul (headline),subjudul dan tubuh
berita (body text) sebaiknya jangan
menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet. Desainer garfish lazim
jugam menyebutkan prinsip ini sebagai KISS (Keep
it Simple Stupid).
2. Keseimbangan
Keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang
saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip
keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
3.
Kesatuan
Kohesi, konsistensi, ketunggalan atau
keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4.
Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga mereka mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antar
tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
5.
Irama (Repetisi)
Merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada music
beruntut yang sama.
6.
Proposisi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa
untuk memperoleh keserasian. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan
matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling popular dan terdapat
di dalam kaya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggungakan
deret bilangan Fibonacci yang
mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8:13.
Unsur Desain
Grafis
1.
Garis (Line)
Unsur dari desain yang menghubungkan antara
satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa tebentuk garis
lengkung (curve) atau lurus (straight). Untuk membangun bentuk atau
kontruksi desain.
2.
Bentuk (Shape)
Segala hal yang memiliki diameter tinggi
dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle),
dan segitiga (triangle).
3.
Tekstur (Texture)
tampilan permukaan dari suatu benda yang
dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Tekstur sering dikatagorikan
sebagai corak dari suatu permukaan benda.
4.
Ruang (Space)
Jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
lainnya, dalam bentuk fisiknya pengidenfikasian ruang digolongkan menjadi dua
unsur yaitu: obyek (figure) dan latar
belakang (background).
5. Ukuran (Size)
Unsur yang mendefinisikan besar kecilnya
suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini dapat menciptakan kontras dan
penekanan (emphasis) sehingga orang
tahu mana yang akan di baca terlebih dahulu.
6.
Warna (Color)
Merupakan unsur penting dalam desain. Karena
warna dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat
dari bentuk-bentuk visual secara jelas. Warna dibedakan menjadi dua yaitu:
warna yang ditimbulkan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya. Dan warna
yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses percetakan
di permukaan benda padat.
Software-software
yang digunakan dalam desain grafik:
·
Adobe Photoshop
·
Adobe Indesign
·
Adobe Illustrator
·
CorealDraw, DLL
Daftar
Pusaka:
Saputra, I Made Indra. 2016. Konsep Pemodelan Grafik
Sasmita, Renaldi. 2016. Konsep Pemodelan Grafik
Alfrianto, Ryan Tomi. 2016. Konsep Pemodelan Grafik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar